jual alumunium murah

Jasa Pembuatan Alumunium

Mau Beli Pintu/Jendela/Kusen Berbahan Aluminium? Simak Dulu Informasi Penting Ini!

Apakah saat ini Anda sedang mencari rekomendasi kompartemen bangunan yang anti-mainstream namun tetap bagus kualitasnya? Mungkin kompartemen berbahan aluminium, seperti pintu, jendela, hingga kusen bisa jadi pilihan yang tepat.

Bahannya yang relatif ringan rupanya menjadi alasan utama mengapa tidak sedikit masyarakat lebih memilih aluminium untuk menggantikan kayu. Namun, apa hanya karena bobotnya ringan saja sehingga aluminium cocok untuk dibeli? Tentu tidak. Simak artikel informatif berikut ini sampai habis agar Anda lebih tahu mengenai apa saja keunggulan, kekurangan, beserta produk-produk bangunan yang dihasilkan dari material logam putih ini!

Apa Itu Aluminium?

Aluminium merupakan logam putih perak yang ringan dan karakteristiknya dapat memulur. Sebagai salah satu unsur kimia yang berlambang AI, aluminium ternyata tidak termasuk jenis logam berat, melainkan menang pada segi jumlahnya saja yang melimpah di bagian kerak bumi. Dilansir dari situs Amazine.co, persentase bahan kimia satu ini di kerak bumi diketahui mencapai 8,1%.

Sifatnya yang tidak beracun serta non magnetik merupakan salah dua alasan mengapa aluminium sangat laku menjadi bahan baku beberapa jenis industri. Beberapa industri yang banyak memanfaatkan bahan kimia ini antara lain adalah industri otomotif, industri kedirgantaraan, industri ekstraksi, dan masih banyak lagi.

Beberapa contoh produk di sekitar kita yang mengandung aluminium sebagai bahan baku antara lain adalah komponen listrik, komponen otomotif seperti mobil maupun motor, cat, perkakas dapur, kemasan obat-obatan, aluminium foil, hingga konstruksi bangunan. Dari begitu banyaknya produk tersebut, maka tak ayal jika logam ringan tersebut punya segudang manfaat.

Keunggulan Aluminimum Sebagai Bahan Bangunan

Bicara mengenai bahan bangunan, tak jarang kita temui beberapa kompartemen atau perantinya terbuat dari unsur kimia bernomor atom 13 ini, diantaranya adalah pintu aluminium, atap rumah, pagar, kusen, dan lain-lain. Lantas, mengapa para konsumennya lebih menyukai penggunaan bahan tersebut dibanding bahan lainnya, seperti kayu atau logam berat? Berikut adalah beberapa keunggulan aluminium sebagai bahan bangunan yang patut Anda ketahui.

1.       Karakteristiknya ringan namun tetap kokoh

Seperti telah di sebutkan sebelumnya bahwa alasan orang-orang lebih memilih aluminium karena beratnya lebih ringan ketimbang kayu maupun besi. Meski ringan, bukan berarti durabilitasnya rendah, loh. Hal ini dibuktikan dengan ketahannya terhadap penyusutan atau perubahan bentuk karena efek perubahan cuaca.

2.       Mudah dikombinasikan dengan material bangunan lainnya

Apapun bahan kombinasinya, baik itu kayu, kaca, maupun plastik, aluminium sangat ramah untuk dipadu padankan. Di internet, Anda bisa mencari banyak inspirasi mix and match aluminium dengan bahan bangunan lainnya yang dijamin lebih estetik, namun  tetap kuat.

3.       Tidak mudah mengalami korosi

Memasang kusen sekaligus jendela aluminium adalah pilihan terbaik jika Anda ingin terhindari dari korosi pada bahan bangunan. Sifatnya yang tahan akan perubahan cuaca membuat logam satu ini mampu mengalahkan besi maupun baja yang rentan keropos dan berkarat.

4.       Tidak bisa dimakan rayap

Sama seperti jenis logam lainnya, aluminium juga tidak bisa menjadi makanan rayap. Seperti kita tahu, kayu sebagai bahan bangunan yang mainstream sangatlah rentan dikonsumsi oleh hewan kecil tersebut. Oleh karena itu, jika Anda tidak ingin berurusan dengan rayap pertimbangkanlah penggunaan jendela, pintu, maupun kusen aluminium.

5.       Harganya relatif murah

Harga kusen jendela aluminium maupun komponen bangunan lainnya dirasa jauh lebih murah dibandingkan material jenis lain. Selain itu, dari segi proses pembuatan, pemasangan, sampai perawatannya pun tidak membutuhkan biaya banyak, loh.

Kekurangan Aluminium Sebagai Bahan Bangunan

Sama halnya dengan jenis material bangunan lainnya yang punya kelebihan dan kekurangan, meski unggul dalam beberapa hal, bukan berarti aluminium tidak mempunyai kekurangan, ya. Berikut adalah beberapa kekurangan logam ringan berwarna putih perak tersebut.

1.       Kurang fleksibel karena bentuknya yang statis

Walaupun bisa dikombinasikan dengan berbagai jenis material lain, aluminium rupanya masih kalah dalam segi fleksibilitas desain. Bentuknya yang statis dan kurang variatif menjadikannya sulit untuk dimodifikasi dengan berbagai gaya.

2.       Mudah tergores

Kelemahan selanjutnya dari bahan aluminium adalah sensitif terhadap goresan sehingga membuatnya mudah kusam dan tak berkilau seperti saat masih baru. Meski demikian, Anda tak perlu terlalu khawatir karena goresan-goresan yang sudah terlanjur ada bisa diminimalisir penampakannya menggunakan cairan pembersih dengan pH netral. Pastikan membersihkannya dengan bantuan kain halus, ya.

3.       Pemasangan yang kurang pas bisa rentan terhadap kebocoran

Lantaran dipasang menggunakan teknik fischer, yaitu mengandalkan kekuatan sekrup yang dibor membuat komponen aluminium rentan terjadi kebocoran maupun kesalahan lain jika pemasangannya tidak presisi.

Itulah beberapa keunggulan serta kekurangan yang ditawarkan komponen hunian bermaterial alumunium. Setelah mengetahuinya apakah Anda masih ragu untuk memasangnya di rumah? Atau justru semakin yakin untuk membelinya? Tenang dulu, berikut masih ada informasi tambahan nan penting mengenai harga dan tips memilih produknya.

Harga Pintu/Jendela/Kusen Berbahan Aluminium Tahun 2021

Harga kusen aluminium pada dasarnya cukup relatif karena tergantung pada merek, ukuran, serta desain atau penambahan material lainnya. Hal tersebut juga berlaku untuk komponen pintu serta jendela. Agar tidak salah beli, alangkah lebih baiknya jika Anda mengetahui apa saja merek beserta kisaran harganya yang beredar di pasaran.

Pertama, harga jendela aluminium dengan ukuran standar (60 cm x 120 cm) adalah berkisar antara Rp 300.000 sampai Rp 800.000. harga tersebut belum termasuk kusennya. Anda bisa membelinya melalui toko online maupun offline yang menyediakan segala macam produk aluminium rumah tangga. 

Kedua, harga pintu aluminium minimalis bisa diperoleh dari harga Rp 1.000.000 ke atas, tergantung merek dan ukurannya. Apabila ingin diberi variasi berupa kaca atau kayu maka harganya pun bisa berbeda lagi.

Pintu kaca aluminium yang berukuran standar biasanya dipatok dengan kisaran harga Rp 1.800.00 per unitnya. Menurut Anda harga tersebut termasuk kategori murah atau mahal?

Terakhir, harga kusen pintu aluminium untuk ukuran standar (70 cm x 200 cm) adalah berskisar pada angka Rp 500.000. sementara untuk kusen jendelanya, biasa dihargai pada kisaran Rp 350.000. untuk mengetahui harga lebih lengkapnya silakan kunjungi situs-situs marketplace di internet.

Tips Memilih Komponen Bangunan Bermaterial Aluminium

Setelah mengetahui apa saja keunggulan, kekurangan, serta harga rata-rata komponen bangunan berbahan logam ringan ini, selanjutnya berikut kami sajikan tips memilih produknya agar tidak salah pilih dan berujung pada penyesalan.

1.       Ketahui kebutuhan jenis produknya terlebih dahulu

2.       Siapkan anggaran yang cukup

3.       Cermati seluk beluk produknya

4.       Tanyakan kepada penjual mengenai cara perawatannya

5.       Pilihlah merek, ukuran, dan desain sesuai kebutuhan sekaligus anggaran

6.       Carilah penjual yang menawarkan garansi produk

Nah, itulah ulasan singkat mengenai aneka ragam kompartemen bangunan yang terbuat dari bahan aluminium. Dari beberapa pilihan produk di atas, kira-kira Anda akan mempertimbangkan aluminium untuk bagian yang mana? Semoga bermanfaat.