Ini Dia Beberapa Cara Merawat Kitchen Set Agar Lebih Tahan Lama

Seiring dengan perkembangan zaman, segala macam peralatan penunjang kehidupan turut mutakhir teknologinya, tak terkecuali peralatan dan perkakas dapur. Kitchen set sebagai perangkat dapur modern dirancang sedemikian rupa demi meningkatkan nilai guna sekaligus nilai estetikanya dalam ruangan.

Meskipun nilai guna dan estetikanya tinggi, bukan berarti kitchen set bisa awet tanpa dirawat, loh. Oleh karena itu, jika Anda ingin melihat kondisi perkakas dapur tersebut terlihat lebih tahan lama sekaligus bisa meningkatkan mood memasak, mari simak artikel ini untuk memperoleh tip-tipnya!

Bagian-Bagian Dari Kitchen Set

1. Kabinet

Jika Anda kerap melihat ada lemari-lemari penyimpanan yang terletak di bawah maupun atas, itulah yang disebut dengan kabinet. Susunan lemari-lemari tersebut memang difungsikan untuk menyimpan perkakas serta bahan-bahan masakan.

Dari segi ukuran, kabinet memiliki ukuran tinggi dan lebar yang variatif. Apabila Anda ingin membeli secara custom maka sudah tentu ukurannya menyesuaikan kebutuhan Anda. Akan tetapi, secara umum ukuran kabinet adalah 60 cm untuk tingginya dan 45 cm untuk lebarnya.

2. Kabinet Kulkas/Microwave/Dispenser/Dishwasher

Selain kabinet berbentuk lemari dengan pintu, pada kitchen set tertentu memiliki tambahan kabinet untuk menyimpan perkakas dapur yang ukurannya cukup besar, seperti kulkas, dishwasher, microwave, dispenser, maupun oven.

Khusus untuk kabinet yang satu ini, desainnya umumnya terbuka alias tidak dilengkapi pintu. Hal tersebut bertujuan untuk memudahkan penggunanya dalam mengakses perkakas yang diletakkan di dalamnya.

3. Kitchen Counter

Disebut juga sebagai meja top table, bagian satu ini memiliki  peranan yang esensial dalam kegiatan memasak. Secara umum, top table dapur terdiri dari tiga bagian, yaitu area persiapan, area memasak, area penyajian

Beberapa material yang sering digunakan untuk melapisi bagian ini adalah solid surface, granit, marmer, keramik, dan stainless steel. Bahan-bahan tersebut terbukti tanggung melindungi ketiga area di atas dari goresan dan cipratan bahan masakan serta mudah untuk dirawat.

4. Backsplash

Backsplash merupakan bagian kitchen set yang menutupi tembok belakang antara kabinet atas dan kabinet bawah. Bagian yang kerap diabaikan namun memiliki peranan penting ini bertugas sebagai pelindung dinding dapur agar terhindar dari cipratan minyak, air, atau bahan lainnya.

Apabila dinding tidak dilengkapi backsplash maka dapat dipastikan kondisinya mudah kotor, lembab, dan tentunya sulit untuk dibersihkan. Anda tentu tak ingin hal tersebut terjadi di dapur tercinta, bukan? Maka pertimbangkanlah pemasangan bagian ini, ya!

Cara Merawat Kitchen Set

1. Pastikan Sirkulasi Udara Tetap Lancar

Saat melakukan aktivitas memasak, tentu area dapur akan terasa panas dan pengap disebabkan oleh api kompor, aroma makanan, sekaligus uap masakan. Selain membuat tidak nyaman, temperatur yang tinggi juga berpotensi merusak perkakas dapur dalam waktu lebih cepat.

Apabila hal tersebut tidak ingin terjadi di dapur Anda maka pastikan sirkulasi udara dalam dapur tetap lancar. Pasanglah sejumlah ventilasi udara, jendela, atau bahkan cooker hood alias mesin penghisap asap dapur.

2. Gunakan Pembersih Khusus

Agar seperangkat perkakas dapur ini bisa bertahan lebih lama dan terlihat bersih seperti baru maka gunakanlah alat-alat pembersih khusus. Kain lembut atau spons bisa dikolaborasikan dengan cairan pembersih untuk membersihkan kotoran yang menempel.

Untuk kotoran yang membandel, Anda bisa menggunakan bantuan sikat gigi dan cairan pembersih. Gosokklah sampai bersih kemudian seka dengan kain basah dan diakhiri dengan kain kering agar perkakas tak lembab kondisinya.

3. Pastikan Kitchen Set Dalam Kondisi Kering Dan Bersih Setelah Digunakan

Memastikkan kitchenset tetap kering tidaklah sulit dilakukan. Anda cukup melap bagian-bagian yang basah setiap kali selesai berurusan dengan dapur. Bila kondisinya kering dan bersih maka selain lebih awet juga akan meningkatkan nilai estetikanya, loh.

4. Jaga Agar Saluran Air Tetap Lancar

Tips selanjutnya adalah menjaga saluran air agar tetap lancar dan bersih. Setiap kali selesai mencuci perkakas dapur di wastafel kitchenset, pastikan kotoran sisa makanan diambil dan dibuang ke tempat sampah, ya. Jika tidak maka akan berpotensi menyumbat saluran, loh.

Selain itu, cek kondisi selang saluran air secara berkala untuk memastikan tidak terjadi kebocoran. Apabila sudah bocor maka bukan tidak mungkin air akan membasahi lantai dan bau tak sedap pun tercium.

Itulah keempat cara merawat kitchen set yang dijamin ampuh menjaganya agar tahan lama. Bila Anda tak mau perkakas dapur cepat rusak maka mulai sekarang berikan perhatian maksimal untuk mereka.